Polling Terkini

Pilih Salah Satu Judul Dibawah Ini Yang Menurut Anda Paling Menarik Untuk Dibaca




Kegunaan HT (Handy Talky) untuk memantau Lalu-Lintas dan Kriminalitas

PUSAT KOMANDO, KENDALI LALU LINTAS (TMC) POLDA METRO JAYA BERTEKNOLOGI CANGGIH

Macet. Itulah yang belakangan kian membuat pusing warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Bagi para eksekutif yang supersibuk, kemacetan tentu sangat mengganggu. Waktu adalah uang. Dengan kemacetan tersebut, banyak waktu mereka yang akhirnya terbuang percuma. Selain menjengkelkan, kemacetan itu juga bisa menyebabkan deal bisnis terancam gagal.

Kemacetan di Jakarta makin menjadi-jadi terutama semenjak adanya pembangunan jalur busway Transjakarta koridor VIII, IX, dan X. Titik-titik kemacetan meningkat 100%. Kalau biasanya “hanya” 41 titik kemacetan, kini menjadi 81 titik. Untuk menanggulangi kemacetan tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar Operasi Jala Jaya. Jumlah petugas pengatur lalu lintas pun ditambah dua kali lipat, dari 416 menjadi 862 personel.

Bagaimana pihak Polda mengatur penempatan para personel polisi itu? Untunglah Polda Metro Jaya memiliki Traffic Management Center (TMC) sebagai pusat komando, kendali, dan informasi lalu lintas. “Semua pengaturan penempatan personel dilakukan melalui TMC,” ujar Komisaris Polisi Sambodo Purnomo Yoga, koordinator TMC. Sambodo mengungkapkan, untuk mengatur lalu lintas di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) tak bisa lagi dilakukan hanya dengan cara-cara konvensional. Apalagi permasalahan lalu lintas di Jabodetabek kian hari kian kompleks. Kemacetan tak bisa lagi diatasi dengan cara-cara yang reaktif. Misalnya, cukup dengan memerintahkan personel kepolisian melalui Handy Talky (HT) untuk mengatasi kemacetan. Guna mengendalikan arus lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya, pihak Polda Metro Jaya membutuhkan satu sistem yang terintegrasi dan terpadu.

Sistem ini berfungsi menghimpun dan mengendalikan seluruh informasi yang berkaitan dengan kemacetan, kecelakaan, pelanggaran lalu lintas, registrasi kendaraan, dan data identitas pengendara (Surat Izin Mengemudi, SIM) di daerah Jabodetabek. Berbekal sistem ini, Polda Metro Jaya bisa melakukan tindakan preventif dalam menanggulangi kemacetan. Maka, mereka pun membuat TMC yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi informasi (TI) dan multimedia.





untuk mendapatkan Saluran Polisi, bagi pengguna HT (Handy Talky) gabung ke Group ini: http://www.facebook.com/pages/Forum-Komunitas-Radio-Komunikasi-HT-Handy-Talky-Indonesia-TM/133353283365698?ref=ts&v=wall

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Caesar | Bloggerized by Balqi - Premium Blogger Themes | Caesar Coorporate